Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Trik dan Tips Tersembunyi di Windows 10

Windows Merupakan System Operasi yang sangat familiar dan banyak digunakan di dunia saat ini, System Operasi ini merupakan adalah salah satu System Operasi yang sangat luas dengan banyak fitur yang munkin tidak pernah anda temui sebelumnya, maka dari itu mari optimalkan penggunaan sebaik baiknya dengan Tips dan Trik Berikut:

12 Trik dan Tips Tersembunyi di Windows 10

Microsoft Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015 dan pada November 2015, Threshold 2 dari Windows 10 (v10.0.10586) dirilis ke publik.

Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna

Bagi anda yang baru memulai menggunakan Windows 10 dan sudah terlalu lama menggunakan Windows 7, mungkin anda akan merasa kebingungan dengan tampilan baru dari sistem operasi ini.

Dengan perkembangan User Interface yang sangat baik, ada sedikit trik yang munkin banyak orang tidak tahu dan munkin bagi anda yang belum terlalu sering melihat Windows 10 atau mungkin anda masih menggunakan Windows 7 selama bertahun-tahun. nah inilah saatnya untuk melakukan lompatan, karena Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020. setelahnya bantuan teknis dan pembaruan perangkat lunak dari pembaruan Windows yang membantu melindungi PC anda tidak lagi tersedia.

Bagaimanapun situasi anda saat ini, kami telah menyusun daftar tips berguna yang akan membantu anda untuk mendapatkan pengalaman lebih dalam menggunakan Windows 10 anda. atau setidaknya mengajari anda beberapa hal yang munkin belum anda ketahui sebelumnya.

Bebearapa diantaranya merupakan fitur lama yang sudah tersedia di Windows selama beberapa generasi, sementara fitur lainnya merupakan fitur asli yang dimiliki Windows 10. Pembaruan terbaru untuk sistem operasi Windows akan rilis pada bulan November, tetapi pembaruan pada Mei 2019 yang dilakukan Microsoft banyak menambahkan fitur baru dan menghilankan beberapa firut lama, jadi ada cukup banyak fitur dan trik baru untuk memberikan pengalaman Windows yang terus berkembang.

start_menu_rahasia

1. Start Menu Rahasia

Jika anda familiar dengan menu Start lama, anda masih bisa menggunakannya jika anda mengklik kanan pada ikon Windows di sudut kiri bawah akan menampilkan pintasan dalam bentuk teks, dengan beberapa pintasan yang familiar dan sering digunakan seperti (Run, Search, File Explorer dan Settings) semua pintasan ini bisa diakses pada daftar start menu standar, tapi ini merupakan langkah yang bisa mempersingkat waktu anda.



2. Tombol Show Desktop

Tombol ini sebenarnya sudah ada pada Windows 7, tetapi kurang praktis untuk digunakan. Di sudut kanan bawah adalah tombol rahasia apa kah terlihat.? Lihatlah sampai ke bawah dan ke pojok kanan setelah penunjuk waktu dan kalender. Di situ anda akan menemukan tombol tipis yang tidak terlihat dan cobalah klik untuk memperkecil semua jendela kerja yang terbuka pada tampilan desktop anda.

Anda juga dapat memilih opsi untuk meminimalkakn jendela kerja pada desktop anda dengan hanya mengarahkan kursor ke tombol ini tanpa menklik tombol tersebut, anda dapat merubah pengaturan ini dengan memilih Settings > Personalization > Taskbar > Use peek to preview the desktop

kocok-untuk-minimize

3. Goyangkan Untuk Minimize

Fitur Ini memulai debutnya pada Windows 7, namun saya rasa masih banyak orang yang belum mengetahui atau menggunakannya dan ini sangat keren!. Jika pada tampilan desktop anda banyak jendela kerja yang terbuka dan sangat berantakan kemudian anda ingin hanya ingin menyisakan satu jendela yang anda sukai. anda cukup melakukan klik dan tahan pada bagian atas jendela tersebut kemudian goyangkan beberapa kali untuk meminimalkan jendela lainnya. TARAAAAA anda nyesel sudah ngocok? kocok lagi supaya semuanya kembali seperti semula.

slide-to-shutdown

4. Mengaktifkan Slide to shut down

Trik ini cukup rumit dan munkin dan tidak memiliki nilai lebih ketika anda menggunakannya, tapi begini caranya : Klik kanan pada desktop dan pilih New>Shortcut. Di jendela pop-up berikutnya ketikan kode berikut %windir%\System32\SlideToShutDown.exe kemudian Enter. dan akan muncul ikon yang dapat anda klik di desktop anda lalu ubah namanya. 

Kemudian klik dua kali pada ikon untuk memunculkan pull-down dan gunaakn mouse anda untuk menyeretnya ke bawah layar. catatan ini akan mematikan PC anda dan bukan untuk masuk mode Hibernate atau Sleep jadi pastikan terlebih dahulu tidak ada dokumen atau halaman pekerjaan anda yang belum tersimpan sebelumnya

mode-tuhan

5. Mengaktifkan "God Mode" Atau Master Control Panel Shortcut

God Mode adalah nama lain dari Master Control Panel. kenapa disebut God Mode ? Karena dari sini kita dapat mengaksus semua opsi pengaturan windows dalam satu folder.

Cara mengaktifkannya dengan klik kanan pada area kosong desktop anda kemudian pilih New > Folder dan rename foldernya dengan kode berikut : GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} kemudian enter. dan double klik god mode nya kemudian walaaaa seluruh opsi pengaturan sudah ada dalam satu folder.


pengaturan-start-menu

6. Klik Kanan Pada Tiles

Anda dapat mengatur Tiles yang tampil pada Start Menu hanya dengan klik kanan pada ikon aplikasi yang ingin anda atur kemudian akan muncul menu pop-up. menu ini akan memberkan anda pilihan seperti menghapus pin dari Start Menu, mengubah ukuran tampilan jendela Start Menu atau menghilangkan fungsi tiles pada start menu.


drag-to-pin-windows

7.Drag ke Pin Windows

Fitur ini sebelumnya sudah tersedia pada Windows 7, namun di Windows 10 Microsoft mempermanis fitur ini.

Tarik semua jendela dan seret ke samping di mana jendela kerja akan terbagi dalam dua layar pada Windows 10 anda dapat menyeretnya ke sudut mana pun agar jendela kerja terbagi dua bagian, selain itu jika anda menggunakan beberapa jendnela kerja ketika anda menyeretnya ke tepi sudut dan tunggu hingga signal prompt memberi tahu anda jika jendela akan terbuka di sudut itu, dan anda dapat memanggil jendela kerja manapun dengan menggunakan tombol Windows + tombol panah kiri atau kanan.


berpindah-ke-desktop-virtual

8. Berpindah Antara Desktop Virtual

Apakah Anda suka melakukan banyak tugas di PC? Di Windows 10, Microsoft akhirnya memberikan akses out-of-the-box ke desktop virtual. Jadi sekarang Anda benar-benar dapat melakukan banyak tugas.

Untuk mencobanya, klik pada Tampilan Tugas (ikon di sebelah kanan menu Windows). Ini akan memisahkan semua jendela dan aplikasi Anda menjadi ikon. Anda kemudian dapat menyeret salah satu dari mereka ke tempat yang tertulis "Desktop baru," yang menciptakan desktop virtual baru. Ini akan memungkinkan Anda untuk, katakanlah, memisahkan aplikasi pekerjaan, aplikasi pribadi, dan media sosial Anda ke desktop yang berbeda.

Setelah mengeklik dari Tampilan Tugas, Anda dapat beralih di antara desktop virtual dengan menekan tombol Windows + Ctrl + panah kanan / kiri. Ini akan memungkinkan Anda untuk secara otomatis beralih di antara semua jendela yang terbuka yang telah Anda pisahkan ke desktop yang berbeda, sambil membiarkan semua ikon di desktop Anda tidak bergerak.

Untuk menghapus desktop virtual, kembali saja ke tampilan tugas dan hapus masing-masing desktop virtual — ini tidak akan menutup aplikasi yang ada di dalam desktop itu, melainkan mengirimnya ke desktop berikutnya yang lebih rendah.


comand-prompt-transparan-windows10

9. Membuat Comand Prompt Transparan
Fitur ini mungkin hanya akan digunakan beberapa pengguna saja, akan tetapi jika anda ingin menggali lebih dalam  mengenai Windows melalui Command Prompt, ini layak dicoba.

Untuk mengakses antarmuka Command Prompt di Windows 10, klik menu Windows dan ketik "Command Prompt" untuk membuka akses cepat ke aplikasi desktop-nya. Klik kanan pada menu bar Command Prompt dan pilih tab Properties maka anda akan dapat mengatur tampilannya
Klik ke tab Color untuk melihat berbagai opsi pengaturan.

Di bagian bawah tab ini, Anda akan menemukan bilah geser Opacity, yang memungkinkan anda untuk melihat Wallpaper ketika anda bekerja dengan Comand Prompt secara bersamaan.


senyapkan-pemberitahuan-windows10

10. Senyapkan Pemberitahuan Dengan Focus Assist

Sebelumnya dikenal sebagai Quiet Hours, Focus Assist adalah fitur Pembaruan April 2018 yang dirancang ulang yang memberi Anda kendali lebih besar atas notifikasi yang muncul di PC Anda. Buka Pengaturan> Sistem> Bantuan Fokus dan kemudian baca panduan cara lengkap kami untuk menyesuaikan notifikasi untuk semuanya mulai dari kontak dan aplikasi hingga alarm khusus tugas.


sharing-dengan-sekitar-windows10

11. Berbagi dengan Sekitar

Buka sebuah dokumen foto, Anda dapat berbagi file secara langsung dengan perangkat terdekat dengan cara yang sama seperti AirDrop Apple. Klik ikon Bagikan di atas bilah alat dokumen atau foto Anda untuk membuka panel, lalu klik Aktifkan Berbagi Terdekat untuk melihat penerima terdekat yang berada dalam jangkauan.


mengetik-dengan-suara-windows10

12. Berhenti Mengetik, Mulai Mendikte

Pengenalan suara menjadi pilihan yang tepat untuk Microsoft, tetapi rilis Windows 10 baru-baru ini menjadikannya hampir di urutan kedua. Kapan saja Anda dapat menggunakannya dengan  kombinasi tombol pintas Windows Key + H untuk memunculkan Text Box yang merekam suara Anda melalui mikrofon. dan windows akan memprediksi sekaligus mengoreksi kata yang akan dia ketikan pada lembar kerja namun anda masih harus mengetikan tanda baca secara manual. tapi ini sangat membantu anda untuk mengistirahatkan jari jari anda.

Post a Comment for "12 Trik dan Tips Tersembunyi di Windows 10"